Minggu, 13 Maret 2011

PAUD BERBASIS ALQURAN PAUD-TPQ TUKHFATUL ATHFAL

A.    PENDAHULUAN
Sebagai lembaga pendidikan keagamaan nonformal,   keberadaan Taman Pendidikan Al Quran Tukhfatul Athfal Desa Purwosari sangat dirasakan manfaatnya bagi orang tua  dan masyarakat sekitarnya khususnya dalam membentuk karakter anak melalui pembelajaran baca tulis Al Quran dan penanaman nilai-nilai agama. Namun begitu tidaklah dapat kita pungkiri bahwa sejalan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak  penanaman nilai-nilai agama saja tidaklah cukup, terlebih pada anak usia dini dimana jumlah mereka ternyata cukup banyak yang mengikuti pendidikan di Taman Pendidikan Alquran namun begitu kebutuhan mereka akan belajar sambil bermain belum bisa dipenuhi oleh Taman Pendidikan Al Quran.
Mendasari akan hal tersebut diatas sebagai upaya pengembangan sekaligus sebagai bentuk dari  rasa tanggung jawab, kami bermaksud merintis berdirinya Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Al Quran. Hal ini kami lakukan mengingat ;
1.  Taman Pendidikan Al Quran Tukhfatul Athfal memiliki santri berjumlah 200 anak dengan tingkat usia 4-6 th mencapai jumlah 30 % dan mereka belum tersentuh oleh pola pendidikan anak usia dini. Mereka inilah yang nantinya akan kami masukkan dalam kelas PAUD BERBASIS AL QURAN, disamping masyarakat sekitar.
2.  Taman Pendidikan Al Quran Tukhfatul Athfal memiliki 2 lokasi tempat pendidikan yang saling berdekatan dengan jumlah gedung yang cukup representatif, dengan begitu tinggal melengkapi sarana dan prasarana  yang dibutuhkan dalam mengelola layaknya sebuah taman bermain bagi Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD disamping belum adanya pendidikan anak usia dini di lingkungan sekitar.
3.  Tersedianya tenaga pengajar dari  kwalifikasi diploma sampai sarjana yang sesuai dengan kompetensinya di bidang pendidikan dan agama.
4.  Adanya lembaga yang menaungi dan siap mengelola yaitu Majlis Tarbiyah Tukhfatul Athfal yang disingkat dengan nama MATTA Desa Purwosari Kec.Comal Kab. Pemalang
5.  Adanya dukungan masyarakat khususnya wali santri dan pemerintah Desa Purwosari.

B.     NAMA KEGIATAN                 
Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran di bawah naungan Majlis Tarbiyah  Tukhfatul Athfal  Desa Purwosari  melalui  program  “PAUD BERBASIS AL QURAN PAUD-TPQ TUKHFATUL ATHFAL” .

C.    LATAR BELAKANG
Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus kita jaga dan kita didik dengan baik. Allah SWT telah menanamkan fitrah suci pada anak-anak, yang dengan fitrah tersebutlah ia akan menjadi permata yang sangat berharga . Namun Allah SWT juga telah membekali dengan rasa, potensi diri dan panca indera. Dan kitalah yang bertanggung jawab untuk mengembangkan segala rasa dan potensi diri yang dimiliki pada setiap anak.
Sesungguhnya masa kanak-kanak merupakan fase yang paling subur, paling panjang, dan paling dominan bagi seorang murabbi untuk mrenanamkan norma-norma yang mapan dan arahan yang bersih ke dalam jiwa dan sepak terjang anak-anak didiknya. Berbagai kesempatan terbuka lebar untuk sang murabbi dan semua potensi tersedia secara berlimpah dalam fase ini dengan adanya fitrah yang bersih, masa kanak-kanak yaang masih lugu, kepolosan yang begitu jernih, kelembutan dan kelenturan jasmaninya, kalbu yang belum tercemari, dan jiwa yang masih belum terkontiminasi.
Apabila masa ini dapat dimanfatkan oleh sang murabbi secara maksimaal dengan sebaik-baiknya, tentu harapan besar untuk berhasil akan mudah diraih pada masa mendatang, sehingga kelak sang anak akan tumbuh menjadi seorang pemuda yang tahan dalam menghadapi berbagai macam tantangan, beriman, kuat, kokoh, lagi tegar.
Berangkat dari realita ini maka diperlukan satu wadah yang dapat membina dan mendidik secara tepat anak pada masa usia dini, yaitu dengan mendirikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
                                  
D.    TUJUAN DAN FUNGSI
Secara umum tujuan Pendidikan Anak Usia Dini adalah membentuk karakteristik anak usia dini sebagai bentuk kepribadian yang utuh yang mampu menjadi anak yang mandiri ialah anak yang mampu memecahkan persoalan hidup dengan ilmu yang dimilikinya dan mampu mensikapi persoalan hidup dengan kepribadian yang dimilikinya.
Secara khusus tujuan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran adalah untuk mengembangkan potensi yang berkaitan dengan ;
1.        Memberikan wadah pendidikan bagi anak yang berbasis pada nilai-nilai Al Quran.
2.        Berusaha untuk meningkatkan dan memberikan pendidikan kepada masyarakat umum khususya para santri TPQ yang belum mengeyam Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengat tingkat usia yang dimilikinya.
3.        Memberikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga tercapai tujuan  pembelajaran dapat tercapai.

Sedangkan tujuan khusus dari PAUD berbasis Al Quran PAUD-TPQ Tukhfatul Athfal adalah :
Mengembangkan seluruh potensi anak sejak usia dini dalam rangka mewujudkan pendidikan anak seutuhnya sehingga nantinya terbangun generasi ideal masa depan yang beriman , berakhlak mulia, cerdas dan mandiri.

E.     SASARAN
Tersedianya sarana pendidikan anak usia dini berbasis agama bagi anak-anak di lingkungan masyarakat dusun IV khususnya dan masyarakat Desa Purwosari pada umumnya.

F.   KRITERIA KEGIATAN
1.      Kegiatan bersifat edukatif
2.      Kegiatan  dengan   penekanan   pada   pengetahuan  agama  (pengembangan  nilai-nilai  Al Quran, keimanan dan akhlak )
3.      Kegiatan pengembangan potensi anak.

G.    KURIKULUM
PAUD  PerMATTA  merupakan  bentuk  pendidikan  anak  usia  dini  yang  berbasis  Al-Quran. Lama pendidikan adalah 1(satu) tahun atau 2 (dua) tahun sesuai dengan usia anak. Program kegiatan PAUD-TPQ Tukhfatul Athfal   berpedoman pada kurikulum yang berlaku yaitu dari  Dinas Pendidikan Nasional Direktorat Bidang PAUD dan Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah.

H.    BIAYA
Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran PAUD-TPQ Tuhfatul Athfal menekankan pembentukan prilaku dan pengembangan kemampuan dasar pembelajaran pendidikan anak usia dini adalah bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.
Untuk dapat terlaksananya semua itu, dibutuhkan ;
1.      Sarana dan prasarana,
2.      Ketenagaan,
3.      Administrasi dan Manajemen PAUD,
4.      Peran serta orang tua dan masyarakat.
Dalam mewujudkan kebutuhan tersebut, maka diperlukan biaya yang dapat menopang kegiatan di atas. Yang diharapkan bersumber dari ;
1.      Sumbangan operasional pendidikan dari siswa.
2.      Sumbangan/bantuan pemerintah   
3.      Sumbangan dari masyarakat.

I.       PENUTUP
Sebagai bagian dari kewajiban hidup bermasyarakat, tidaklah berlebihan bila kita merasa ikut bertanggung jawab akan ketersediaan sarana pendidikan bagi anak-anak, utamanya adanya keterbatasan peran pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini. Dimana pendidikan anak di usia dini sesungguhnya merupakan masa emas bagi tumbuh kembangnya kemandirian bagi seorang anak di masa mendatang. Oleh sebab itu upaya Majlis Tarbiyah Tukhfatul Athfal sebagai pengelola TPQ Tukhfatul Athfal berkendak menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Al Quran merupakan satu bentuk rasa tanggung jawab akan keberlangsungan pendidikan bagi anak-anak kita dalam ikut serta mewujudkan generasi yang memiliki kepribadian yang utuh, berkarakter mandiri, serta dengan ilmu yang dimilikinya ia mampu mensikapi persoalan hidupnya

                                                                                 Purwosari, 6 Agustus  2010
                                                                                 Ketua Penyelenggara
                                                                                 PAUD-TPQ Tukhfatul Athfal
                                                                                 Desa Purwosari Kec. Comal


                                                                                 Akhmad Akhsin, S.Ag.



DAFTAR PESERTA DIDIK
PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) NON FORMAL
BERBASIS KEAGAMAAN
PAUD-TPQ TUKHFATUL ATHFAL
DESA PURWOSARI KEC. COMAL KAB PEMALANG
TAHUN 2010/2011




NO

N A MA
TEMP DAN TGL LAHIR

ORANG TUA

ALAMAT
1.
Maulida Afina Yuliani
Pml, 22-04-2005
Bambang Y
Purwosari
2.
Ricky Maulana Yusuf
Pml, 02-05-2005
Gunawan
Purwosari
3.
Abdullah Ghilman `Izaaz
Pml, 09-03-2005
Saeful Islam
Purwosari
4.
Diana Khulaida Saputri
Pml, 20-03-2004
Ratna
Purwosari
5.
Silva Malika
Pml, 21-04-2004
Siswadi
Purwosari
6.
Rizky Ananda
Pml, 30-03-2003
Rusfiandra
Purwosari
7.
M Iqbal Alfaruk Sanusi
Pml, 24-05-2004
Askho
Purwosari
8.
Saifty Rahma Zahidah
Pml, 22-07-2004
Saefudin
Purwosari
9.
Hope Maulana
Pml, 06-01-2003
Ainu Rochman
Purwosari
10.
Sheila Marshanda
Pml, 18-03-2004
Sudirman
Purwosari
11.
Dian Fazrul Rahman
Pml, 02-07-2004
A Akhsin
Purwosari
13
M.Aqil Azmi
Pml, 04-07-2003
Sugiatno
Purwosari
14.
Diah Ayu Fitriani
Pml, 26-11-2003
Rudi Susilo
Purwosari
15,
Abdul Mufid
Pml, 23-04-2004
Neni Zulaini
Purwosari
16.
Dwi Ardiansyah
Pml, 25-06-2003
M Asro
Purwosari
17.
Noval Prastianto
Pml, 23-02-2003
Suharto
Purwosari
18,
Lidia Febrianti
Pml, 01-02-2004
Untoro
Purwosari
19.
Al Fandiaz
Pml, 07-07-2003
Eko Kristiantyo
Purwosari
20.
Aninda Nabila
Pml, 29-12-2003
Waryadi
Purwosari
21.
Aris Ardiyanto
Pml, 17-06-2003
Taradi
Purwosari
22.
Baiti Najma
Pkl,  11-12-2003
Maksum
Purwosari
23.
Rizki Savero
Pml, 17-21-2003
Santoso
Purwosari
24
Najwa Qotrunada
Pml, 25-02-2004
Nasori
Purwoharjo
25
Azmy Arsyadani
Pml, 24-12-2004
A Zahid
Jatirejo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar